Tuesday, February 2, 2010

Tips Mempercepat Booting dan Meringankan Beban pada CPU

Hmm...sebenarnya setiap orang tu ingin punya laptop ato komputer yang murah, kuat, bisa diinstall apapun dan yang paling penting yaitu punya kecepatan tinggi..:)
Tapi kayaknya ga ada yang seperti itu. Mungkin ada tapi mahal..Hhee..
Saya punya beberapa tips ato cara agar komputer ato laptop kita dapat lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
Cara ini saya peroleh dari beberapa teman, pelajaran dan beberapa pengalaman yang sudah saya lalui.

Caranya cukup mudah kok..Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya...

  1. Pilih start pada desktop, kemudian pilih run. Selanjutnya ketik msconfig, nanti akan muncul halaman baru yaitu System Configuration Utility.
  2. Setelah muncul halaman baru, di situ akan nampak beberapa tabs (pada bagian atas). Kemudian pilih tabs BOOT.INI. Setelah itu pada bagian Boot Options, centang (v) bagian /NOGUIBOOT. Itu berguna agar waktu boot dapat disingkat dengan menghilangkan windows start up screeen.
  3. Pada tabs start up, seleksi ulang item-item yang digunakan. Paling maksimal ada 25 item yang tercentang (v).
  4. Jika Anda tidak begitu pengaruh pada tampilan keindahan windows Anda, maka sebaiknya gunakan Adjust For Best Performance pada System Properties. Caranya klik kanan pada logo my computer kemudian pilih tabs Advance kemudian Settings.
  5. Hilangkan desktop wallpaper dan minimalkan jumlah icon pada desktop.
  6. Hilangkan bunyi pada Event Start Windows. Caranya pada Control Panel pilih Sounds and Audio Devices kemudian pilih tabs Sounds.
  7. Jika Anda tidak terlalu membutuhkan banyak macam Font, maka hapuslah font-font yang tidak pernah Anda pakai. Temptnya C:\WINDOWS\Fonts.
  8. Periksa driver-driver yang Anda pakai. Masih digunakan atau sudah tidak digunakan. Misalnya driver VGA seperti NVidia ato ATI. Anda juga dapat menggunakan Driver Cleaner 3.0 untuk membersihkan driver-driver lama.
Hmm..itulah beberapa pengalaman yang sudah saya lakukan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Amin..




0 comments:

Post a Comment

 
Knowledge is Everything Copyright © 2011