Wednesday, March 10, 2010

Me-Remove Windows Genuine Advantage

Buat temen-temen pengguna windows XP non-original (kasarannya: bajakan, hhee) yang sering ber-online ria tanpa menonaktifkan automatic update tentu besar kemungkinannya tuk terinfeksi Windows Genuine Advantage (WGA).

Apa itu WGA?
Windows Genuine Advantage (WGA) adalah sistem anti-pembajakan oleh Microsoft yang menyatakan keaslian produk Microsoft Windows dalam jaringan bagi beberapa sistem operasi Microsoft. Windows Genuine Advantage akan menghalangi pengunduhan dari Microsoft Download Center jika sistem operasi tersebut keasliannya tidak dapat diketahui.

Mungkin kalo cuma terhalang untuk download dari Microsoft Download Center sich nggak seberapa masalah ya. Tapi masalahnya, notifikasi dari WGA ini terus muncul berulang-ulang ketika logon dan sangat mengganggu aktivitas komputasi kita.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan notifikasi Windows Genuine Advantage (WGA) pada Windows XP. Diantaranya dengan 2 cara berikut, yaitu dengan menggunakan WGA Remover dan cara manual.

Untuk cara yang pertama yaitu menggunakan software Remove WGA, temen-temen bisa mendownloadnya di http://www.softpedia.com/get/Tweak/Uninstallers/RemoveWGA.shtml

Untuk cara yang kedua yaitu menghapus secara manual, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut :



1. Buka registry editor (Run -> regedit).

2. Cari key:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\Notify

3. Delete folder ‘WgaLogon’ dan semua isi nya

4. Restart Windows XP-mu

5. Masuk ke safe mode dengan menekan F8 saat booting

6. Hapus file-file berikut :
C:\WINDOWS\system32\WgaLogon.dll
C: \WINDOWS\system32\WgaTray.exe
C:\WINDOWS\system32\LegitCheckControl.dll

7. Jangan lupa menonaktifkan automatic updatenya >> klik kanan MyComputer >> Klik tab Automatic Update >> Pilih Turn Off.

by afiful




3 comments:

oia, di beberapa versi windows xp, cara diatas nggak bisa diterapkan. krn mngkn nggak ada folder WgaLogon di registry atau nggak ada file2 yg disebutkan di poin 6. solusinya, bisa pke cara ini:

1. Buka regedit: RUN > REGEDIT
2. Cari: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\WPAEvents
3. Double click di OOBETimer dan ganti semua isinya dengan: FF D5 71 D6 8B 6A 8D 6F D5 33 93 FD
4. Kemudian klik kanan di WPAEvents (masih dalam Regedit) dan pilih Permissions.
5. Ada window baru, klik di System dan centang semua yang di bawah tulisan Deny.
6. Restart.

ok, thanks infonya.
it's time for sharing..

Mas tanya yaa
1. Apa kelebihan / kekurangan nya kalo pake software or pakai manual.
2. Software nya kok ke detect mengandung virus? Masih aman kah?
Anyway terima kasih info nya.

Rgrds
NYO

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
Knowledge is Everything Copyright © 2011