Monday, February 8, 2010

Pengetahuan Dasar Editing Video

Pada dasarnya mengedit video itu gak sulit kok!. Cuma kadang agak ribet!!. Hhee... (apa bedanya sama sulit!!).Kalo kita sering latihan mengedit video-video maka kita akan terbiasa sehingga mengedit video itu jadi g sulit..Betul gak??
Ne saya punya pengetahuan dikit mengenai dasar-dasar editing video. Semoga bisa membantu semuanya ya..

1) Kamera digital dan analog
Saat ini, kamera video analog jarang digunakan. Ini karena kamera video digital mampu menghasilkan gambar yang jauh lebih baik, harga terjangkau dan memudahkan aliran kerja terutamanya untuk proses editing digital. Pada umumnya, penggunaan kamera digital memungkinkan kameramen menghasilkan video yang lebih berkualitas dengan biaya yang lebih rendah.

2) Format video
Format video merujuk kepada jenis kamera dan jenis pita video. Terdapat berbagai jenis format video yang digunakan dan masing-masing mempunyai ciri-cirinya tersendiri. Format video yang paling populer yang digunakan untuk merekam gambar adalah format mini DV. Format ini tergolong dalam format digital. Pita mini DV ini berukuran kecil ( lebih kecil dari kotak rokok ), tidak mahal dan mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik. Format digital lain yang ada adalah Digital 8, DVCAM, DVC Pro dan lain-lain.

3) Master tape
Master tape artinya adalah pita master yang digunakan untuk merekam gambar video. Setelah rekaman selesai dibuat, pita ini akan diedit terlebih dahulu sebelum dijadikan VCD atau DVD untuk ditonton. Artinya, master tape memuat data image video yang tidak diedit. Walaupun tidak diedit, kualitas gambarnya adalah lebih baik dari VCD atau DVD yang sebenarnya merupakan salinan dari pita asal, hal ini dikarenakan master tape belum mengalami proses kompresi.

4) Editing video
Editing video adalah merupakan satu proses dalam post production, yaitu satu proses yang dilakukan setelah perekaman gambar. Biasanya, proses kerja yang terlibat dalam proses editing digital adalah seperti berikut:

· Digitizing/ capturing memindahkan image video dari pita ke dalam data digital pada hard disk/cd.
· Offline editing memotong / membuang adegan pada video yang tidak menarik dan menyusun ulang setiap adegan pada video dengan mengikuti pada rencana kesinambungannya.
· Online editing memasukkan judul video, back sound dan animasi dan spesial effek.
· Rendering yaitu proses yang dilakukan setelah editing (offline/online) selesai dilakukan di dalam komputer. Video ini akan dipindah keluar ke dalam bentuk VCD atau DVD, namun sebelumnya perlu dilakukan proses finalisasi tampilan agar bisa dibaca sempurna pada semua player.

5) VCD & DVD
Gambar video yang telah diedit biasanya akan dipindahkan ke dalam bentuk VCD atau DVD. Seperti yang kita ketahui, format DVD menghasilkan gambar yang jauh lebih baik dari VCD. Pada saat ini, video format DVD lebih disuaki kerana kualitas yang baik dan biaya yang semakin murah.

6) Multi Camera Production
Multi Camera Production adalah satu produksi video dimana lebih dari satu kamera video digunakan secara serentak dan kesemuanya dihubungkan kepada satu pusat kontrol. Image terbaik dari salah satu kamera ini akan dipilih silih berganti. Ini menghasilkan gambar video terus menerus tanpa potongan dengan sudut rakaman yang berbeda. Biasanya, image video dari kamera yang terpilih akan disiarkan terus ke screen proyeksi. Multi Camera Production menjadikan sebuah tampilan video/film lebih menarik dikarenakan menawarkan sudut pandang kamera yang lebih bervariasi dan mampu menyampaikan pesan dalam cerita dengan lebih baik




0 comments:

Post a Comment

There was an error in this gadget
 
Knowledge is Everything Copyright © 2011